Yuk, Intip Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Umum Kota Depok

 

Siapa nih yang belum pernah ke perpustakaan? atau pernah tapi cuma dateng aja tapi belum pernah minjam bukunya? Bagi kamu yang suka baca buku atau yang perlu referensi bacaan untuk mengerjakan tugas, kamu dapat mengandalkan perpustakaan, lho.

Perpustakaan merupakan penyedia layanan peminjaman buku. Yuk simak cara meminjam buku sekaligus eksplor perpustakaan yang satu ini, yaitu Perpustakaan Umum Kota Depok.

Sebelum kita masuk ke tutorial, aku mau berbagi profil singkat perpustakaan umum di kota-ku ini yang bisa kalian jadikan referensi untuk meminjam buku di perpus-perpus lainnya.

Perpustakaan ini berlokasi di jantung Kota Depok tepatnya di dalam Komplek Kantor Walikota Depok di Jalan Margonda Raya. Gedung perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama terdapat ruang Aula, ruang balita, dan control room. Lantai kedua merupakan ruang layanan perpustakaan yang terdiri dari ruang koleksi umum dan anak, ruang baca, dan ruang sirkulasi (peminjaman dan pengembalian). Lantai 3 terdapat ruang teater dan ruang rapat.

Gedung ini dilengkapi dengan arena bermain anak, ruang teater, ruang Depok Corner, dan auditorium yang sering disebut sebagai “Smart Space Room”. Layanan yang diberikan kepada pengguna berupa layanan informasi perpustakaan, sirkulasi koleksi dan terbitan berkala, internet, perpustakaan keliling, koleksi anak, kunjungan edukasi, serta Depok Corner. Adapun fasilitas lainnya yaitu Online Public Access Catalog (OPAC), Wi-Fi, serta layanan keanggotaan berbasis web.

Perpustakaan Umum Kota Depok menerapkan sistem layanan terbuka (Open Access) dan sistem layanan tertutup (Close Access). Jadwal untuk layanan terbuka yaitu Senin - Minggu pukul 08.00 s/d 15.00 WIB.

Nah, itu dia sekilas tentang Perpustakaan Umum Kota Depok. Berikutnya kita lanjut ke langkah-langkah meminjam koleksi buku di Perpustakaan Umum Kota Depok.


Sumber: dokumentasi pribadi

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Umum Kota Depok

Meminjam buku di perpustakaan biasanya hanya diperuntukkan bagi anggota dan bagi yang non anggota hanya bisa membaca di tempat. Untuk bisa meminjam buku di Perpustakaan Umum Kota Depok, diperlukan kartu anggota perpustakaan. Pembuatan kartu anggota perpustakaan hanya melayani KTP (atau identitas lainnya) berdomisili Depok.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan ketika meminjam buku di Perpustakaan Umum Kota Depok sebagai berikut.

1. Datang langsung ke Perpustakaan

Sebagai pemustaka, kita sebaiknya langsung datang dan tidak boleh diwakilkan, ya. Jika sudah tiba, jangan lupa mengisi data hadir pengunjung. Setelah itu kita bisa naik ke lantai dua untuk menitipkan tas dan barang pribadi di dalam loker.

2. Cari buku yang ingin dipinjam

Ada dua cara untuk mencari buku, secara langsung atau dengan menelusurnya pada komputer pencarian (OPAC) yang telah disediakan. Jika ingin mencari lewat komputer pencarian, kamu bisa mencarinya dengan menuliskan judul, pengarang, tahun, subjek, dan sebagainya.

3. Serahkan buku yang ingin dipinjam kepada petugas bagian loket peminjaman buku

Ketika menyerahkan buku, serahkan pula kartu anggota perpustakaan. Kartu tersebut digunakan untuk verifikasi data. Petugas akan melakukan verifikasi data dan memberikan stempel pengembalian pada slip pengembalian buku. Selanjutnya petugas akan menyerahkan buku bersamaan dengan kartu anggota. Ketika proses ini sudah dilakukan, kamu sudah memiliki hak untuk meminjam buku dari perpustakaan.

4. Proses transaksi peminjaman buku selesai

Setelah semua proses selesai, pemustaka bisa membawa pulang buku. Jaga bukunya ya, jangan sampai rusak atau hilang. Kembalikan juga sesuai jadwal pengembaliannya. Jika tidak, siap-siap tidak bisa meminjam buku dalam seminggu jika telat satu hari, satu bulan jika telat satu minggu, dan seterusnya.

Itulah langkah-langkah meminjam buku di Perpustakaan Umum Kota Depok. Selain menyediakan layanan sirkulasi di tempat, Perpustakaan ini juga menyediakan layanan online melalui aplikasi WhatsApp. Layanan online ini beroperasi setiap hari, termasuk Sabtu dan Minggu. Pelayanan ini tidak hanya untuk meminjam buku, tetapi juga bisa digunakan untuk perpanjangan koleksi, saran dan pengaduan, usulan judul buku, kunjungan edukasi, serta permintaan Perpustakaan Keliling.

Kontak Whatsapp Perpustakaan Depok


Gimana, menarik dan mudah bukan? selain tutorial tertulis, aku juga punya dokumentasi berupa vlog cara meminjam buku di Perpustakaan Umum Kota Depok. Kalian bisa simak videonya di bawah ini ya, semoga bermanfaat 👐




1 Comments

Previous Post Next Post