Fakta Unik Library of Alexandria dan Pustakawan Pertamanya


Di masa lalu, profesi pustakawan (gelar yang berasal dari bahasa Latin, librarius - yang berhubungan dengan buku) diidentikkan dengan penjaga koleksi buku yang terpelajar.

Tahukah kamu siapa pustakawan pertama di dunia?

Pustakawan pertama yang tercatat adalah Zenodotus (Ζηνόδοτος) of Ephesus (Zenodotus dari Efesus). Zenodotus adalah nama dari seorang ahli bahasa berkebangsaan Yunani yang berasal dari suatu daerah bernama Elfeze. Ia juga dikenal sebagai seorang ahli filologi terbesar di Alexandria. Ia hidup sekitar 325-260 Sebelum Masehi. Ia hidup pada masa pemerintahan Ptolemeis. Zenodotus merupakan murid dari seorang bernama Filetas. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Hosiodes, Pindarus, dan Anacreon.

Zenodotus juga memiliki peranan penting bagi perpustakaan Ptolomaeus II di Alexandria. Ia Menjadi pemimpin pertama di perpustakaan tersebut. Ia juga dikenal sebagai tokoh yang mengkritik tulisan-tulisan dari Homer. Setelah mengkritik tulisan Homer yaitu Iliad dan Odyssey, Ia membagi kedua tulisan Homer ke dalam 24 buku. Namun, tulisan-tulisan ini kemudian mendapat serangan dari penulis-penulis lain karena tulisan Zenodotus sangat subjektif. Selain kritik, ada pula tokoh yang memodifikasi tulisan Zenodotus yaitu Aristakus. Zenodotus juga dikenal sebagai seorang penulis puisi terbesar pada masanya.

Library of Alexandria


Library of Alexandria adalah salah satu gudang pengetahuan terpenting di dunia kuno. Didirikan oleh Ptolemeus I Soter, raja Mesir, di kota Alexandria. Perpustakaan ini diperluas oleh putranya, Ptolemeus II Philadelphus, pada awal abad ke-3 SM. Pada puncaknya, perpustakaan ini mungkin menyimpan 400.000 hingga 700.000 gulungan papirus-koleksi terbesar dari informasi yang terekam di dunia kuno, termasuk karya-karya oleh Plato, Aristoteles, Homer, Herodotus dan banyak lainnya. Beberapa pemikir paling cemerlang pada masa itu bekerja, belajar, dan mengajar di perpustakaan ini. Namun, pada abad kelima Masehi, perpustakaan ini dihancurkan. Banyak koleksinya yang dicuri, dihancurkan, atau dibiarkan begitu saja, hingga perpustakaan ini tidak lagi memiliki pengaruh seperti dulu saat awal berdirinya.

Baca juga: Rekomendasi Artikel Jurnal Untuk Kamu Baca

Asal-usul Bibliografi

Penerus Zenodotus, Callimachus dari Kirene, menjadi pustakawan Alexandria yang paling terkenal, yang untuk pertama kalinya membuat katalog subjek dalam 120.000 gulungan koleksi perpustakaan, yang disebut Pinakes atau Tabel. Semua pengetahuan dibagi ke dalam delapan kategori subjek utama: Pidato, Sejarah, Hukum, Filsafat, Kedokteran, Puisi Lirik, Tragedi, dan Serba-serbi. Pinakes adalah sebuah karya besar, yang digambarkan terdiri dari seratus dua puluh gulungan dan fragmen-fragmen yang masih ada menunjukkan bahwa kutipan-kutipan tersebut memberikan informasi mengenai kehidupan masing-masing penulis, karya-karyanya, dan jumlah baris dalam setiap karya. Meskipun demikian, indeks ini sama sekali tidak lengkap, namun merupakan indeks besar pertama yang pernah ada untuk pengetahuan dan merupakan pendahulu dari semua katalog buku berikutnya.

7 Comments

  1. terimakasiii sudah memberikan penjelasan tentang sejarah yang menarik🙌🏻

    ReplyDelete
  2. Pernah tau namanya tapi lupaa kisahnya, alhamdulillah diingetin

    ReplyDelete
  3. Terimakasii suka banget cerita yg zaman dulu gini

    ReplyDelete
  4. bahkan aku yg kuliah di jurusan ilmu perpustakaan blom kenal beliau xixi. trimakasii atas info menariknyaa

    ReplyDelete
  5. Kerenn sih, jadi diingetin lagi tentang sejarah ini

    ReplyDelete
  6. ooh Bapak Zenodotus sepuhnya pustakawan hehehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post